Tips Agar Arwana Super Red Cepat Merah

Agar Arwana Super Red Cepat Merah - Siapa yang tidak mengenal ikan arwana, Ikan predator yang satu ini merupakan ikan hias yang sangat diminati penghobi ikan hias di dunia, khususnya di Indonesia. Ada banyak sekali penghobi ikan hias yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan ikan yang dahulu banyak ditemukan di perairan Kalimantan atau di papua. Namun keberadaannya sekarang sudah mulai berkurang karena perburuan liar maupun faktor alam. Untungnya sekarang ikan arwana sudah bisa dibudidayakan, Jadi populasi Ikan yang terancam punah ini bisa tetap terjaga. Biarpun harganya sampai jutaan rupiah, faktanya peminat ikan arwana tidak pernah surut. Ikan arwana sangat diminati karena mempunyai pesona yang begitu menarik. Bisa dibilang tidak ada ikan air tawar lain yang keindahannya bisa mengalahkan ikan arwana. Ikan ini seolah-olah mempunyai paras yang sempurna, perpaduan antara warna yang cerah dengan gerak-geriknya yang anggun.

Bagi anda yang sudah memelihara ikan arwana jenis Super Red (SR) atau Golden Red pasti menginginkan warna ikan tersebut semakin cerah bukan?. Memang benar, Salah satu faktor penentu keindahan seekor ikan hias terletak pada seberapa cerah warna di tubuh ikan tersebut. Ikan arwana Super red yang berwarna cerah pasti nilainya akan semakin naik. Sebab belum bisa disebut SR kalo ikan arwana anda warnanya pucat atau kusam bukan? he he he, 


Tapi jangan khawatir guys, Setidaknya terdapat 2 cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan tingkat kecerahan warna ikan arwana, di antaranya ada secara alami dan secara buatan, tinggal pilih saja cara yang paling cocok buat anda terapkan :

1. Secara Alami

Ikan arwana pada dasarnya bisa dibuat lebih berwarna merah menggunakan cara-cara yang alami. Di sini kita bisa menjaga kondisi lingkungan air di dalam akuarium serta memberikan makanan yang bermanfaat untuk mencerahkan warnanya. Diketahui bahwa zat karoten bisa meningkatkan kualitas warna ikan hias. Anda bisa mendapatkan zat ini dari wortel, udang, dan jangkrik. Jadikan pakan-pakan ini sebagai makanan utama bagi ikan arwana. Warna ikan pun akan menjadi lebih cerah sedikit demi sedikit.
Ada pula zat-zat lain yang juga dapat mencerahkan warna tubuh ikan arwana. Di antaranya yaitu spirulina dan anthaxanthin. Namun sayangnya ikan arwana tidak akan mau memakan zat ini jika diberikan secara langsung begitu saja. Perlu trik khusus agar zat ini sampai ke dalam tubuh ikan. Caranya  anda bisa mencampurkan zat-zat ini dengan sayuran yang dimakan oleh jangkrik. Barulah jangkrik tersebut yang bisa Anda berikan kepada ikan arwana. Dengan begini, spirulina dan anthaxanthin bisa masuk ke tubuh arwana.

2. Secara Buatan

Cara buatan untuk meningkatkan kecerahan warna ikan arwana bisa melalui proses tanning. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan teknik penyinaran memakai lampu khusus untuk menimbulkan efek-efek tertentu pada tubuh ikan. Biasanya lampu yang digunakan berjenis lampu UV. Anda bisa memasang lampu ini dalam jumlah yang banyak untuk menyebabkan radiasi pada ikan arwana. Hasilnya warna ikan arwana pun akan terlihat lebih merah dalam kurun waktu yang lebih cepat.

Besar kecilnya tenaga lampu UV serta jumlah lampu UV yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuran akuarium serta postur ikan yang ingin di-tanning. Untuk akuarium yang berukuran 2,5 x 1,5 x 1 m biasanya menggunakan lampu UV TFC yang berkekuatan 30-40 watt dengan intensitas cahaya sebesar 38 lux. Lampu UV ini kemudian dipasang sedemikian rupa agar sinarnya menyorot langsung ke tubuh ikan arwana. Anda bisa meletakkannya di sudut-sudut akuarium atau bagian tengah. Kemudian seluruh dinding akuarium dilapisi stiker gelap supaya sinarnya tidak memancar keluar. Untuk lebih jelasnya bisa kita bahas  pada artikel selanjutnya Cara Tepat Tanning Ikan Arwana.

Bagi yang menyukai artikel ini silahkan bagikan dan masukkan email anda dibawah ini dan klik tombol Subscribe untuk berlangganan:

0 Response to "Tips Agar Arwana Super Red Cepat Merah"

Posting Komentar